6 Cara Menghemat Pengeluaran

Dalam kondisi perekonomian yang semakin sulit ini, banyak orang yang berusaha mencari berbagai solusi untuk melakukan penghematan agar bisa bertahan dengan keuangan yang tersisa.


Mungkin Anda bisa melakukan pengetatan keuangan dengan cara menahan nafsu untuk tidak membeli barang-barang mewah, seperti busana dan aksesoris dari para perancang ternama. Namun, jika Anda serius ingin berhemat, memiliki cadangan keuangan di bank dan terbebas dari semua tagihan yang selama ini mengejar, Anda harus berani mengambil langkah yang lebih besar.

Perubahan besar-besaran bisa Anda rasakan dengan beberapa cara berikut ini :

Pindah ke rumah yang lebih kecil
Bagi sebagian orang, pengeluaran terbesar mereka setiap bulannya adalah untuk urusan rumah. Biasanya rumah yang besar lebih membutuhkan biaya perawatan yang lebih besar pula. Padahal jika Anda tinggal di rumah yang ukurannya lebih kecil, akan memberikan kesempatan untuk menyimpan sebagian uang. Mulailah mencari rumah yang berukuran kecil dan sederhana jika Anda berniat ingin memotong biaya pengeluaran. Satu keuntungan bisa Anda terima lagi, bila Anda memilih lokasi yang berdekatan dengan tempat yang biasa Anda kunjungi, seperti kantor ataupun pusat perbelanjaan. Dengan demikian uang transportasi bisa Anda simpan untuk kepentingan lainnya.

Jual salah satu kendaraan Anda

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi lebih dari satu, pertimbangkanlah untuk menjualnya salah satu. Anda masih bisa memanfaatkan satu kendaraan bila dapat mengatur jadwal dengan baik. Perawatan mobil juga bisa menghabiskan banyak biaya, jadi buat apa memiliki lebih dari satu mobil bila memang tidak-benar-benar dibutuhkan. Lebih baik Anda menjualnya dan gunakan hasil penjualan mobil tersebut untuk melunasi sisa cicilan atau hutang lainnya yang masih melambung. Namun bila Anda tidak bisa hanya mengandalkan satu kendaraan, tukar mobil Anda dengan  model 2-3 tahun lebih lama dan harganya lebih murah dibanding dengan kendaraan yang Anda miliki sebelumnya.

Berhentilah belanja impulsif

Ini merupakan bagian yang tersulit, tapi bila Anda serius ingin berhemat setidaknya point ini harus dipertimbangkan. Coba susun seluruh rincian pengeluaran Anda dalam tiap bulannya, lalu tandai masing-masing pengeluaran yang harus Anda utamakan hingga yang kurang dianggap penting. Pengeluaran wajib misalnya, membeli makanan, gas, bayar tagihan, pendidikan anak, obat-obatan atau konsultasi ke dokter. Jika Anda berhasil mengurangi beberapa pengeluaran yang kurang penting seperti membeli busana, sepatu, majalah, alat elektronik dan lainnya, setidaknya untuk beberapa waktu, Anda pasti akan terkejut dengan banyaknya uang yang berhasil Anda hemat dan sisihkan.

Berhenti menggunakan kartu kredit

Kartu kredit memang memberi kemudahan untuk bertransaksi, saking mudahnya Anda bahkan sering kebablasan menggunakannya untuk keperluan yang tidak penting. Untuk sementara waktu, cobalah untuk menghentikan kebiasaan ini, karena kebanyakan orang mengeluarkan banyak uang untuk membayar sejumlah tagihan kartu kreditnya setiap bulannya. Segera jadikan prioritas melunasi tagihan kartu kredit Anda beserta tagihan-tagihan lainnya

Kurangi berpesta

Mungkin sebagian dari Anda senang menjamu dan mengadakan pesta bersama teman-teman, keluarga ataupun rekan kerja. Niat Anda mungkin baik untuk menjaga keakraban di antar sesama, namun perlu Anda sadari bahwa kegiatan ini sangat menghambur-hamburkan uang. Dalam kondisi perekonomian seperti sekarang ini, ada baiknya Anda mengurangi kegiatan tersebut bila memang tidak dibutuhkan. Atau setidaknya berhematlah dengan menjamu mereka dengan makanan seadanya. Sebaliknya, bila Anda hobi menghibur diri dengan menonton, makan di luar, atau clubbing, cobalah tahan kebiasaan Anda ini agar bisa berhemat. Camkan pada diri Anda bahwa Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang hanya untuk bersenang-senang.

Stop Travelling
 
Cara ampuh untuk merelakskan tubuh dan melepaskan kepenatan akibat rutinitas di kantor adalah dengan berlibur. Namun melihat kondisi saat ini, sepertinya tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan, karena biasanya setiap perjalanan pasti akan mengeluarkan biaya yang cukup besar. Bayangkan bila dalam setahun Anda bepergian beberapa kali, berapa banyak uang yang bisa Anda sisihkan jika Anda hanya beristirahat di rumah. Dengan kata lain ini merupakan potensi besar untuk bisa berhemat. Meskipun demikian bukan berarti Anda tidak boleh bepergian lagi, Anda hanya menundanya setidaknya hingga satu atau dua tahun mendatang.

Sumber: conectique.com

Tidak ada komentar: